Kamis, 01 Februari 2018

RPP KELAS IV TEMA 3 SUBTEMA 2

RPP KELAS IV TEMA 3 SUBTEMA 2 [Bisa download disini]

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             : SDN ......................................
Kelas / Semester                : IV / I
Tema                                  : 3 (Peduli terhadap Makhluk Hidup)
Subtema                             : 2 (Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku)
Pembelajaran ke                : 1
Alokasi Waktu                   : 6 jp (6x35 menit)


A.      KOMPETENSI INTI
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3  Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
IPS
3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
IPA
3.8  Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8  Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya

C.      INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3.1 Memilih kata tanya yang tepat untuk membuat kalimat pertanyaan.
       3.3.2 Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara.
4.3.1 Mengumpulkan informasi yang terkait dengan wawancara dengan menggunakan kalimat efektif.
4.3.2 Menyusun laporan hasil wawancara dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

IPS
3.1.1 Mendeskripsikan berbagai sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat.
3.1.2 Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat.
4.1.1 Mengumpulkan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar.
4.1.2 Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar

IPA
3.8.1 Mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam.
3.8.2 Menjelaskan pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam
4.8.1 Membuat poster tentang upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam.
4.8.2 Melakukan kampanye dalam upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati gambar hewan langka, siswa mampu memilih kata tanya yang tepat yang digunakan untuk wawancara.
2.      Dengan melakukan diskusi penentuan kata tanya, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.
3.      Dengan melakukan wawancara dengan guru mengenai burung Cendrawasih, siswa mampu mengumpulkan informasi yang terkait dengan wawancara dengan menggunakan kalimat efektif  dengan tepat.
4.      Dengan mengamati hasil wawancara dengan guru, siswa mampu menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan benar.
5.      Dengan membaca teks burung Cendrawasih, siswa mampu mendeskripsikan berbagai sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan benar.
6.      Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam dengan tepat.
7.      Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa mampu mengumpulkan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar dengan sistematis.
8.      Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa mampu menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar dengan sistematis.
9.      Dengan mengamati teks perkembangan kupu-kupu, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam dengan teliti.
10.  Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu menjelaskan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam dengan sistematis.
11.  Dengan membuat poster penyelamatan hewan, siswa mampu melakukan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam dengan kepedulian yang tinggi.
12.  Dengan membuat poster penyelamatan hewan, siswa mampu melakukan kampanye dalam upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam

E.       MATERI PEMBELAJARAN
-          Pertanyaan wawancara tentang penyelamatan Burung Cendrawasih
-          Laporan hasil wawancara dengan guru tentang penyelamatan hewan langka
-          Pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
-          Laporan hasil diskusi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi masyarakat
-          Peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam
-          Kampanye menjaga keseimbangan alam

F.       METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan    : Saintifik
2.      Metode           : Pebelajaran Berbasis Masalah
3.      Strategi           : Diskusi, ceramah, dan wawancara.

G.      MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Gambar burung Cendrawasih, Komodo dan Badak Bercula Satu.
2.      Selembar contoh poster sederhana tentang penyelamatan binatang.

H.      SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Kemdikbud. 2016. Tema 3 “Peduli terhadap Makhluk Hidup” Buku Guru SD/MI Kelas 4 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 68-78.
2.      Kemdikbud. 2016. Tema 3 “Peduli terhadap Makhluk Hidup” Buku Siswa SD/MI Kelas 4 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 47-53.

I.         KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Guru masuk ke dalam kelas, mengucapkan salam pembuka, mengajak berdoa, dan presensi kehadiran siswa.
2.     Guru mengajak ice breaking dengan melakukan senam jari jempol kelingking dengan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung”.
3.     Guru melakukan kontrak pembelajaran yang berisi:
a.       Bila siswa mengikuti pembelajaran dengan aktif maka siswa akan mendapatkan satu stiker bintang.
b.      Bila siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran maka mendapatkan bintang kecil.
4.     Apersepsi :
a.       guru mengingatkan bahwa setiap hari kita harus merawat tanaman di depan kelas. Kemudian guru memberikan pertanyaan, “Mengapa kita harus menjaga tanaman tersebut agar tetap subur?”
b.      “Apa dampak apabila tanaman tersebut tidak subur bagi manusia?”
5.     Guru menginformasikan kepada siswa tentang materi dan tujuan pembelajaran yaitu tentang keseimbangan lingkungan.







10 menit
Inti
1.    Setelah siswa menganalisis dampak pada lingkungan bila jumlah tanaman di lingkungan berkurang, maka siswa sekarang diminta untuk mengamati gambar-gambar hewan di Indonesia yang dilindungi karena hampir punah (Komodo, Badak Bercula Satu, dan Burung Cendrawasih).
2.    Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar:
-          Bagaimana keberadaan hewan ini?
-          Mengapa hewan ini dilindungi?
3.    Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat mereka secara rinci.
4.    Guru memberikan penguatan : Indonesia memiliki  ribuan jenis  hewan di darat dan di laut. Hewan-hewan tersebut merupakan sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan selain untuk memenuhi kebutuhan manusia, juga menjadi ciri identitas bangsa Indonesia.  Hewan sebagai sumber daya alam tentunya perlu dijaga keberadaannya.
5.    Siswa mengamati foto Burung Cendrawasih dengan teliti.
6.    Kemudian siswa memilih kata tanya yang sesuai untuk digunakan sebagai daftar pertanyaan wawancara.
-          ADIK SIMBA: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
7.    Siswa menuliskan pertanyaan mengenai beragam hal yang ingin mereka ketahui tentang burung tersebut.
8.    Siswa mengajukan pertanyaan yang telah mereka buat kepada guru dalam kegiatan wawancara (guru berperan sebagai narasumber). Siswa melakukan wawancara dengan memperhatikan etika berwawancara dengan baik.
9.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Kemudian menyusun laporan wawancara yang berisi:
a.       Judul wawancara
b.      Tujuan wawancara
c.       Tempat dan tanggal
d.      Hasil wawancara
e.       Kesimpulan
(LKPD 1)
10.    Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas secara perwakilan.
11.    Siswa membaca teks tentang Burung Cendrawasih sebagai contoh sumber daya alam.
12.    Siswa mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam sesuai dengan buku siswa.
13.    Siswa kemudian memilih satu jenis  hewan yang menurut mereka paling menarik yang berada di lingkungan sekitar.
14.    Siswa membuat daftar pertanyaan tentang hewan tersebut. Daftar pertanyaan harus memuat hal-hal berikut:
a.       Tempat tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).
b.      Manfaat hewan bagi penduduk setempat khususnya dan bagi rakyat Indonesia umumnya.
c.       Upaya-upaya melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan sebagai bagian dari sumber daya alam bangsa Indonesia.
d.      Ciri-ciri atau bagian hewan dan manfaatnya bagi hewan tersebut.
15.    Siswa mendiskusikan daftar  pertanyaan tersebut bersama guru secara klasikal.
16.    Guru memberikan penguatan:
Hewan sebagai sumber daya alam hayati juga memiliki peran penting dalam kelestarian lingkungan. Kita wajib merawat dan menyayangi hewan sebagai wujud syukur pada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah menganugerahkan beragam jenis hewan yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan manusia.



ISTIRAHAT
17.    Siswa membaca teks tentang kupu-kupu sebagai salah satu hewan yang bermanfaat pada pelestarian tumbuhan.
18.    Siswa mendiskusikan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam bersama kelompoknya.
19.    Pembahasan hasil diskusi dilakukan secara klasikal.
20.    Guru menunjukkan contoh poster penyelamatan lingkungan dan membahasnya secara klasikal.
21.    Siswa berkreasi membuat poster sederhana ajakan untuk menjaga kelestarian satu jenis hewan pilihan yang ada di daerah setempat.
22.    Siswa disarankan  untuk memilih jenis hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang mulai langka. Poster sederhana harus berisi tentang:
a.       Nama hewan dan ciri-ciri khususnya.
b.      Habitat hewan (pantai, dataran rendah, dataran tinggi)
c.       Hewan sebagai sumber daya alam.
d.      Keberadaan hewan saat ini, penyebab hewan menjadi langka (jika hewan pilihan tersebut adalah  hewan langka)
e.       Ajakan berupa upaya-upaya untuk menjaga kelestarian hewan.
f.       Kalimat yang digunakan harus menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
(LKPD 2)
Poster ini dapat dijadikan sebagai produk unjuk kerja yang berintegrasi antara materi  pada mapel IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia.
Jika waktu tidak mencukupi, siswa dapat menyelesaikan di waktu luang mereka. Motivasi siswa untuk membuat poster dengan rapi  dan menarik.
Poster dapat dipajang di sekitar sekolah setelah siswa melakukan kampanye menggunakan poster tersebut di sekitar sekolah.




175 menit
Penutup
1.        Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
a.       Hewan langka harus dilindungi karena sangat berharga bagi bangsa Indonesia, bermanfaat bagi masyarakat, dan termasuk salah satu cara menjaga keseimbangan lingkungan.
b.      Manusia dapat melakukan kampanye dengan menggunakan poster sederhana terhadap upaya menyeimbangkan lingkungan.
2.        Siswa mendapatkan lembar evaluasi dari guru untuk mengukur pemahaman masing-masing siswa tentang materi yang telah diajarkan.
3.        Guru menyampaikan pesan moral terhadap siswa sebelum mengakhiri pembelajaran “Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab manusia sepenuhnya karena manusia diilhami akal dari Tuhan”.
4.        Pembelajaran diakhiri dengan doa dan salam penutup.



25 menit


J.        PENILAIAN
1.       Teknik Penilaian
a.       Tes tulis
b.      Tes kinerja
2.      Instrumen
a.       Tes tulis : Lima soal uraian
b.       Tes kinerja : LKPD dan Rubrik Penilaian




Mengetahui                                                                 Surabaya,   ........................ 2018
Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas 



.....................................                                               ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar