Satuan Pendidikan : SDN ......................................
Kelas / Semester : IV / I
Tema : 3 (Peduli terhadap
Makhluk Hidup)
Subtema : 2 (Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku)
Subtema : 2 (Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu : 6 jp (6x35 menit)
A.
KOMPETENSI
INTI
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Bahasa
Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui
wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/
kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan
pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber
daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
C.
INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
3.3.1 Memilih kata
tanya yang tepat untuk membuat kalimat pertanyaan.
3.3.2 Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan
wawancara.
4.3.1
Mengumpulkan informasi yang terkait dengan wawancara dengan menggunakan kalimat
efektif.
4.3.2
Menyusun laporan hasil wawancara dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat
efektif
IPS
3.1.1
Mendeskripsikan berbagai sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat.
3.1.2
Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan
masyarakat.
4.1.1
Mengumpulkan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati
bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar.
4.1.2
Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati
bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar
IPA
3.8.1
Mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga
keseimbangan alam.
3.8.2
Menjelaskan pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga
keseimbangan alam
4.8.1
Membuat poster tentang upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam.
4.8.2
Melakukan kampanye dalam upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
mengamati gambar hewan langka, siswa mampu memilih kata tanya yang tepat yang
digunakan untuk wawancara.
2. Dengan
melakukan diskusi penentuan kata tanya, siswa mampu membuat daftar pertanyaan
untuk persiapan wawancara dengan tepat.
3. Dengan
melakukan wawancara dengan guru mengenai burung Cendrawasih, siswa mampu
mengumpulkan informasi yang terkait dengan wawancara dengan menggunakan kalimat
efektif dengan tepat.
4. Dengan
mengamati hasil wawancara dengan guru, siswa mampu menyajikan informasi hasil
identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
dengan benar.
5. Dengan
membaca teks burung Cendrawasih, siswa mampu mendeskripsikan berbagai sumber
daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan benar.
6. Dengan
diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya peran hewan
sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam dengan tepat.
7. Dengan
mengamati lingkungan sekitar, siswa mampu mengumpulkan informasi hasil
identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
di sekitar dengan sistematis.
8. Dengan
mengamati lingkungan sekitar, siswa mampu menyajikan informasi hasil
identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
di sekitar dengan sistematis.
9. Dengan
mengamati teks perkembangan kupu-kupu, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya
peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam dengan
teliti.
10. Dengan
diskusi pemecahan masalah, siswa mampu menjelaskan upaya pelestarian hewan
sebagai sumber daya alam dengan sistematis.
11. Dengan
membuat poster penyelamatan hewan, siswa mampu melakukan upaya pelestarian
hewan sebagai sumber daya alam dengan kepedulian yang tinggi.
12. Dengan
membuat poster penyelamatan hewan, siswa mampu melakukan kampanye dalam upaya
pelestarian hewan sebagai sumber daya alam
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
-
Pertanyaan wawancara tentang
penyelamatan Burung Cendrawasih
-
Laporan hasil wawancara
dengan guru tentang penyelamatan hewan langka
-
Pemanfatan sumber daya
alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
-
Laporan hasil diskusi pemanfatan
sumber daya alam hayati bagi masyarakat
-
Peran hewan sebagai
sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam
-
Kampanye menjaga
keseimbangan alam
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Saintifik
2. Metode : Pebelajaran Berbasis Masalah
3. Strategi
: Diskusi, ceramah, dan
wawancara.
G.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1. Gambar
burung Cendrawasih, Komodo dan Badak Bercula Satu.
2. Selembar
contoh poster sederhana tentang penyelamatan binatang.
H.
SUMBER
PEMBELAJARAN
1. Kemdikbud.
2016. Tema 3 “Peduli terhadap Makhluk
Hidup” Buku Guru SD/MI Kelas 4 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Hal 68-78.
2. Kemdikbud.
2016. Tema 3 “Peduli terhadap Makhluk
Hidup” Buku Siswa SD/MI Kelas 4 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Hal 47-53.
I.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
masuk ke dalam kelas, mengucapkan salam pembuka, mengajak berdoa, dan
presensi kehadiran siswa.
2. Guru
mengajak ice breaking dengan
melakukan senam jari jempol kelingking dengan lagu “Naik-naik ke Puncak
Gunung”.
3. Guru
melakukan kontrak pembelajaran yang berisi:
a. Bila
siswa mengikuti pembelajaran dengan aktif maka siswa akan mendapatkan satu
stiker bintang.
b. Bila
siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran maka mendapatkan bintang kecil.
4. Apersepsi
:
a. guru
mengingatkan bahwa setiap hari kita harus merawat tanaman di depan kelas.
Kemudian guru memberikan pertanyaan, “Mengapa kita harus menjaga tanaman
tersebut agar tetap subur?”
b. “Apa dampak
apabila tanaman tersebut tidak subur bagi manusia?”
5. Guru
menginformasikan kepada siswa tentang materi dan tujuan pembelajaran yaitu
tentang keseimbangan lingkungan.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Setelah
siswa menganalisis dampak pada lingkungan bila jumlah tanaman di lingkungan
berkurang, maka siswa sekarang diminta untuk mengamati gambar-gambar hewan di
Indonesia yang dilindungi karena hampir punah (Komodo, Badak Bercula Satu,
dan Burung Cendrawasih).
2. Guru
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar:
-
Bagaimana keberadaan hewan ini?
-
Mengapa hewan ini dilindungi?
3. Siswa
diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat mereka secara rinci.
4. Guru
memberikan penguatan : Indonesia memiliki
ribuan jenis hewan di darat dan
di laut. Hewan-hewan tersebut merupakan sumber daya alam hayati yang
dimanfaatkan selain untuk memenuhi kebutuhan manusia, juga menjadi ciri
identitas bangsa Indonesia. Hewan
sebagai sumber daya alam tentunya perlu dijaga keberadaannya.
5. Siswa
mengamati foto Burung Cendrawasih dengan teliti.
6. Kemudian
siswa memilih kata tanya yang sesuai untuk digunakan sebagai daftar
pertanyaan wawancara.
-
ADIK SIMBA: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana.
7. Siswa
menuliskan pertanyaan mengenai beragam hal yang ingin mereka ketahui tentang
burung tersebut.
8. Siswa
mengajukan pertanyaan yang telah mereka buat kepada guru dalam kegiatan
wawancara (guru berperan sebagai narasumber). Siswa melakukan wawancara
dengan memperhatikan etika berwawancara dengan baik.
9. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
Kemudian menyusun laporan wawancara yang berisi:
a. Judul
wawancara
b. Tujuan
wawancara
c. Tempat
dan tanggal
d. Hasil
wawancara
e. Kesimpulan
(LKPD 1)
10. Siswa
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas secara perwakilan.
11. Siswa
membaca teks tentang Burung Cendrawasih sebagai contoh sumber daya alam.
12. Siswa mengidentifikasi
pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan
alam sesuai dengan buku siswa.
13. Siswa
kemudian memilih satu jenis hewan yang
menurut mereka paling menarik yang berada di lingkungan sekitar.
14. Siswa
membuat daftar pertanyaan tentang hewan tersebut. Daftar pertanyaan harus
memuat hal-hal berikut:
a. Tempat
tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).
b. Manfaat
hewan bagi penduduk setempat khususnya dan bagi rakyat Indonesia umumnya.
c. Upaya-upaya
melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan sebagai bagian dari sumber daya
alam bangsa Indonesia.
d. Ciri-ciri
atau bagian hewan dan manfaatnya bagi hewan tersebut.
15. Siswa
mendiskusikan daftar pertanyaan
tersebut bersama guru secara klasikal.
16. Guru
memberikan penguatan:
Hewan sebagai sumber daya alam hayati juga
memiliki peran penting dalam kelestarian lingkungan. Kita wajib merawat dan
menyayangi hewan sebagai wujud syukur pada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah
menganugerahkan beragam jenis hewan yang dapat dimanfaatkan bagi
kesejahteraan manusia.
ISTIRAHAT
17. Siswa
membaca teks tentang kupu-kupu sebagai salah satu hewan yang bermanfaat pada
pelestarian tumbuhan.
18. Siswa
mendiskusikan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam bersama
kelompoknya.
19. Pembahasan
hasil diskusi dilakukan secara klasikal.
20. Guru
menunjukkan contoh poster penyelamatan lingkungan dan membahasnya secara
klasikal.
21. Siswa
berkreasi membuat poster sederhana ajakan untuk menjaga kelestarian satu
jenis hewan pilihan yang ada di daerah setempat.
22. Siswa
disarankan untuk memilih jenis hewan
yang dilindungi karena keberadaannya yang mulai langka. Poster sederhana harus
berisi tentang:
a. Nama
hewan dan ciri-ciri khususnya.
b. Habitat
hewan (pantai, dataran rendah, dataran tinggi)
c. Hewan
sebagai sumber daya alam.
d. Keberadaan
hewan saat ini, penyebab hewan menjadi langka (jika hewan pilihan tersebut
adalah hewan langka)
e. Ajakan
berupa upaya-upaya untuk menjaga kelestarian hewan.
f. Kalimat
yang digunakan harus menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
(LKPD
2)
Poster
ini dapat dijadikan sebagai produk unjuk kerja yang berintegrasi antara
materi pada mapel IPA, IPS, dan Bahasa
Indonesia.
Jika
waktu tidak mencukupi, siswa dapat menyelesaikan di waktu luang mereka.
Motivasi siswa untuk membuat poster dengan rapi dan menarik.
Poster
dapat dipajang di sekitar sekolah setelah siswa melakukan kampanye
menggunakan poster tersebut di sekitar sekolah.
|
175 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
a. Hewan
langka harus dilindungi karena sangat berharga bagi bangsa Indonesia,
bermanfaat bagi masyarakat, dan termasuk salah satu cara menjaga keseimbangan
lingkungan.
b. Manusia
dapat melakukan kampanye dengan menggunakan poster sederhana terhadap upaya
menyeimbangkan lingkungan.
2.
Siswa mendapatkan lembar evaluasi dari
guru untuk mengukur pemahaman masing-masing siswa tentang materi yang telah
diajarkan.
3.
Guru menyampaikan pesan moral terhadap
siswa sebelum mengakhiri pembelajaran “Menjaga lingkungan adalah tanggung
jawab manusia sepenuhnya karena manusia diilhami akal dari Tuhan”.
4.
Pembelajaran diakhiri dengan doa dan
salam penutup.
|
25 menit
|
J.
PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Tes
tulis
b. Tes
kinerja
2. Instrumen
a. Tes
tulis : Lima soal uraian
b. Tes
kinerja : LKPD dan Rubrik Penilaian
Mengetahui
Surabaya, ........................ 2018
Kepala Sekolah Guru Kelas
..................................... ..................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar